Akhirnya ikut bermain Aquascape

Memelihara ikan hias di rumah untuk dinikmati sambil bersantai menjadi salah satu aktifitas kami saat ini. Awalnya ya dari anak-anak yang semangat sekali jika lihat ikan-ikan di arena penjualan ikan menjadikan kami ikut mencoba memeliharanya.

Setelah mencoba-coba memelihara beberapa ikan hias kecil dalam akuariaum di rumah, akhirnya kami tertarik untuk membuat aquascape sendiri di rumah.

Aquascape pada dasarnya merupakan kegiatan yang lebih bersifat seni dalam mengatur dan menanam tanaman air, batu dan kayu dalam cara yang menyenangkan secara estetis di dalam aquarium sehingga memberikan efek berkebun di bawah air.


Meskipun tujuan utama dari aquascaping adalah menciptakan suatu landscape yang indah di dalam air, namun banyak aspek teknis mengenai pemeliharaan tanaman yang harus dipertimbangkan. Faktor faktor ini harus seimbang di dalam aquarium untuk memastikan kesuksesan aquascape.

Faktor-faktor tersebut meliputi filtrasi, karbon dioksida (CO2) yang sesuai untuk kebutuhan photosintesis didalam air, substrate yang digunakan, pupuk dan pencahayaan.

Posting cerita tentang ikan dan akuarium akan saya tulis pada posting-posting selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial: Cara Memperbaiki HP Xiaomi Redmi 2 / Prime yang Hilang Signal

Mural Jalan Gatsu / Gatot Subroto Surakarta

Petik Buah Murbei - Besaran - Mulberry